Merawat Bulu Kucing Anggora
Kucing Anggora Hitam

Cara Merawat Bulu Kucing Anggora Hitam Dengan Benar

Posted on

KICUIT.com – Siapa yang tidak tahu kucing ras yang paling lucu. Yah kucing Anggora, Mungkin semua pecinta cat akan setuju dengan pilihan ini. Adapun Sejarah dari asal muasal Nama kucing Anggora, di ambil dari nama kota bersejarah yang ada di Turki, tepatnya di kota Kota Ankara. Disebutkan bahwa kota ini menjadi tempat asal kucing kucing yang mulai dikenal sejak tahun 1600-an.

Anggora memiliki karakteristik fisik yang mudah dikenali jika dibandingkan dengan kucing ras atau kucing non ras lainnya. Sayangnya banyak orang awam yang terkadang tidak bisa membedakan anggora dengan kucing persia.

Kucing anggora sering dianggap kucing persia karena mereka memiliki bulu yang panjang dan lebat. Untuk dapat membedakannya, Anda harus terlebih dahulu memahami karakteristik fisik kucing Angora.

Karakter Fisik Kucing Anggora

Karakteristik pertama dan perbedaan yang paling menonjol adalah dari kepala. Kucing anggora memiliki kepala segitiga, hidung tajam, dan telinga yang meruncing. Jika dibandingkan, itu jauh berbeda dengan kepala kucing persia yang bulat dan pesek. Tepatnya bentuk kepalanya lebih mirip dengan kucing domestik di Indonesia.

Selanjutnya tubuh kucing lebih besar proporsional kucing, tidak sekecil kucing persia. Bulu kucing Angora juga berbeda dari kucing persia meskipun sama lebat. Bulu kucing lebih halus dan lembut, tetapi bulu-bulu kepala tidak mewarnai bulu kepala kucing persia.

Ekor kucing dianggap istimewa karena bentuknya yang panjang dan ditutupi bulu yang lebih tebal. Jika Anda berjalan kucing terlihat sangat anggun dengan ekor indahnya yang memanjang.

Di luar fitur fisik, perbedaan kucing dengan kucing Persia yang paling menonjol adalah dalam perilakunya. Kucing Angora lebih aktif dan suka bermain. Dia suka naik ke tempat tinggi dan lebih sering berinteraksi dengan manusia.

Keistimewaan dari Anggora hitam

Kucing Angora sendiri dianggap kucing ras khusus, hal ini dilihat dari harganya yang lebih mahal dari kucing lain di Indonesia. Kucing berambut hitam adalah salah satu kucing Angora yang paling disukai selain yang putih.

Meski masih ada sebagian yang meyakini mitos tentang kucing hitam yang identik dengan horor dan keburukan, tetapi bagi pecinta kucing, tentu tidak terlalu banyak tentang hal itu. Semua mitos ini ditutupi dengan keindahan bulu hitam dan hitam yang sangat eksotis dan menawan.

Jika Anda masih percaya mitos, ada baiknya memilih mitos yang bagus.  Mitos di Mesir dan Jepang juga percaya pada kucing hitam sebagai simbol keberuntungan. Banyak orang Inggris juga memberi penghargaan kucing hitam kepada pengantin untuk mendapatkan keberuntungan.

Merawat Bulu Kucing Anggora Hitam
Kucing Anggora Hitam

Cara Merawat Bulu Anggora Kucing Hitam Agar Tetap Sehat dan Tidak Rebah

Sisi menarik dari kucing abu-abu hitam tentu saja pada bulu lebat panjang dan hitam. Jika kucing peliharaan hitam favorit Anda tidak dirawat dengan baik, mungkin rusak dan rontok, atau berubah warna tidak lagi hitam mengkilap. Jika demikian, hak istimewa kucing abu-abu hitam menghilang.

Sebenarnya tidak terlalu berbeda cara merawat anggora bulu kucing hitam dengan warna lain. Apa itu anggora bulu kucing tertentu memang rawan kehilangan jika tidak dirawat dengan baik.

Berikut ini cara merawat bulu kucing hitam.


  1. Menggunakan Shampoo Khusus untuk Kucing berambut Hitam

Memandikan kucing biasa secara teratur telah menjadi keharusan bagi pecinta cat. Dengan memandikan kucing secara teratur, yang manis akan terlindung dari gangguan jamur dan kutu di tubuh. Mandi saja seminggu sekali.

Namun, tentunya harus memilih shampoo yang cocok ya. Jika asal menggunakan sampo atau bahan kimia lainnya, bulu kucing Angora malah lebih rusak. Saat ini tersedia di banyak toko hewan peliharaan, sampo dan sabun khusus untuk kucing berwarna hitam atau gelap.


  1. Menjaga Nutrisi Makanan

Kucing Angora adalah kucing ras yang biasanya tidak ingin diberi makanan apa pun. Karena itu Anda harus siap membeli makanan khusus di petshop. Dengan memilih makanan khusus di toko hewan peliharaan, Anda dapat mempertimbangkan asupan nutrisi yang tepat untuk kucing kesayangan Anda.

Umumnya protein dan lemak lebih banyak terkandung dalam makanan basah (wet food). Namun, kandungan nutrisi lengkap justru di makanan kering (dry food).

Oleh karena itu disarankan untuk memberikan makanan kering dan basah secara bergantian atau dicampur dalam satu makanan sehingga nutrisi terpenuhi. Selain memperhatikan nutrisi pada makanan utama, Anda juga perlu memberikan nutrisi tambahan agar bulu anggora hitam menjadi indah.

Nutrisi tambahan yang kami sarankan adalah kuning telur ayam. Kuning telur membuat bulu lebih padat, halus, dan mencegahnya.

Nutrisi lainnya adalah asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat baik untuk kesehatan bulu kucing.  Jangan lupa, kecuali membeli vitamin E untuk kulit kucing Angora masih terjaga kelembabannya.


  1. Rutin Menyisir bulu

Jangan berharap bulu kucing akan terlihat cantik jika Anda malas menyisirnya secara teratur. Untuk kucing rasial seperti kucing Angora hitam lebih berisiko dengan kesehatan bulu.

Selain membuat rambut lebih halus dan bersih, menyisir maka rutinitas akan membantunya untuk menumbuhkan bulu. Bulu kucing akan lebih mudah beregenerasi jika bulu mata dipukul dengan sisir terlebih dahulu.

Di sisi lain melemparkan rambut yang mati juga akan mencegah kucing dari hairball. Kita tahu bahwa kucing yang harus menelan terlalu banyak mati.

Khusus untuk area wajah kucing, Anda menggunakan lap khusus untuk meminta bulu mata. Gunakan kain lembut yang sudah dicampur air, lalu siram perlahan di area mata, hidung, dan mulut.


  1. Membersihkan kandang

Bagaimana cara merawat kucing? Itu membeku. Jika Anda tidak ingin merepotkan Anda, carilah saja layanan untuk perawatan ini. Anggota minimum anggota keluarga Anda dibersihkan setiap 3 minggu.

Bersihkan kandang untuk menjauhkannya dari kotoran yang bisa disebut jamur di tubuh. Selain itu, yang juga merupakan sarang penyakit yang bisa mengeluarkan kesehatan anggora hitam yang manis.


  1. Jangan Mengeringkan kucing terlalu lama

Memang benar mengeringkan kucing di pagi hari akan lebih menyehatkan. Namun khusus untuk kucing Angora hitam, pengeringan yang terlalu lama akan mengubah warna menjadi coklat yang indah. Jika Anda ingin mengeringkan kucing hitam, Anda bisa melakukannya selama 20 menit.


Demikian Cara Merawat Bulu Kucing Anggora Hitam Dengan Benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *