Merawat Burung Cucak Ijo
Burung Cucak Ijo

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar semakin Bagus

Posted on

KICUIT.com – Untuk mendapatkan Burung Cucak Ijo yang bisa berkicau semakin bagus, pastilah harus memberikan perawatan yang benar. Hal ini dikarenakan jika perawatan yang diberikan kepada burung ini baik maka hasil kicauannya akan baik juga. Walau tentunya agar burung berkicau maksimal ini juga awalnya dipengaruhi pada saat pemilihan burung.

Pemilihan burung yang tepat pastinya jika ditambah dengan perawatan yang baik, konsisten, teratur, dan benar akan membuatnya terus berkembang. Namun jika dalam memilih burung sejak awal saja sudah salah maka untuk membuatnya berkicau dengan bagus dan lantang akan sedikit sulit. Bahkan meski perawatan diberikan untuknya maksimal sekali pun.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara merawat Burung Cucak Ijo agar menjadi semakin bagus, simak ulasan berikut ini. Perlu diketahui bahwa burung yang termasuk salah satu jenis burung yang paling banyak dipelihara ini memang punya aneka jenis kicauan yang menarik dan banyak lomba atau acara untuk jenis burung satu ini.

Cara Perawatan Cucak Ijo Yang Benar

Sangkar Yang Luas

Hal pertama untuk merawat Burung Cucak Ijo adalah dengan memberikan sangkar yang luas. Hal ini dikarenakan dengan sangkar yang luas maka burung pun menjadi lebih lincah dan aktif yang akhirnya akan memancingnya untuk rajin berkicau. Selain luas, pada sangkar ini bisa diberikan dua tenggeran yang untuk pemasangannya bisa menyilang atau sejajar. Hal ini dilakukan karena burung satu ini memang cukup aktif bergerak ke sana-kemari.

Perawatan Mandi Dan Jemur Yang Teratur

Hal kedua dalam perawatan burung yaitu saat memandikan dan menjemurnya secara rutin setiap pagi. Hal ini memang wajib dilakukan karena sangat bagus untuk menjaga kondisi burung cucak ijo agar tetap sehat dan maksimal. Dalam memandikannya, yang pertama bisa dengan memakai karamba.

Tetapi jika burung tidak mau memakai karamba, cara memandikannya bisa dengan meletakkan bak mandi kecil ke dalam sangkar. Tentunya agar burung tidak kedinginan, maka usai mandi bisa diangin-anginkan agar bulunya kering. Barulah kemudian burung dijemur dengan waktu maksimal penjemuran yaitu 1,5 jam.

Menjaga Ketersediaan Pakan

Hal berikutnya yang harus dilakukan agar Burung Cucak Ijo menjadi lebih bagus yaitu dengan memastikan pakan burung selalu tersedia. Burung ini memakan buah seperti pisang kepok putih dan serangga jangkring atau pun ulat hongkong. Burung ini juga jarang sekali diberikan voer alias full extra fooding (EF).

Hal ini dikarenakan jika diberikan EF maka burung bisa jadi terlalu gemuk yang akhirnya membuat kualitas suara miliknya menjadi bermasalah. Oleh karena itu, untuk memelihara burung ini biasanya memang diberikan pisang kepok putih untuk pakannya setiap hari. Lalu untuk pemberian voer yang disimpan dalam cepuk pakan hanya dilakukan untuk menjaga kondisi burung.

Untuk pakan dalam bentuk serangga, pemberiannya cukup sesuai kebutuhan saja. Untuk jangkrik misalnya maka diberikan saat burung mulai rajin berunyi. Jika cucak ijo menyukai kroto, ini juga bisa diberikan setiap hari agar asupan nutrisinya lebih beragam.

Lalu bisa juga menggunakan madu sebagai penambah energi burung. Di mana untuk memberikan madu biasanya digunakan sebuah cepuk kecil yang terpisah. Atau bisa juga untuk memberikan madu dengan dioles pada pakan baik buah atau serangga.

Pemasteran

Hal berikutnya yang harus dilakukan untuk membuat burung menjadi lebih bagus adalah pemasteran. Pemasteran ini cukup penting dilakukan saat memelihara Cucak ijo karena bisa memaksimalkan potensi kicauan miliknya. Sehingga dengan pemasteran yang benar dan rutin maka kicauan burung pun akan semakin bagus.

Istirahat Yang Cukup

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah Burung Cucak Ijo juga butuh istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting dilakukan karena bisa memulihkan energi burung. Caranya dengan menutup sangkat di malam hari atau mematikan lampu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *