3 Pakan Alami Burung Cucak Rawa yang Tepat dan Berkhasiat
Burung Cucak Rawa

Jenis Burung Cucak Rawa yang Sebaiknya Diketahui

Posted on

KICUIT.com – Burung cucak rawa termasuk salah satu jenis burung kicauan yang sangat terkenal diantara para pecinta burung maupun orang awam. Burung jenis ini tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Beberapa wilayah tempat habitat dari cucak rawa adalah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Di ketiga pulau ini, cucak rawa tumbuh dengan jumlah yang cukup besar.

Namun, perbedaan kondisi iklim, keragaman vegetasi, detail cuaca, tingkat kesuburan tanah dan beberapa hal lainnya memberikan pengaruh pada kondisi fisik dari cucak rawa. Di beberapa tempat tersebut, cucak rawa memiliki perbedaan cukup mencolok terutama pada kondisi bulu dan kualitas suaranya. Oleh karena itu, berdasarkan daerahnya, ada beberapa jenis cucak rawa yang hidup di Indonesia. Berikut penjelasan selengkapnya.

Jenis Burung Cucak Rawa di Indonesia

Cucak Rawa Medan

Jenis Burung Cucak Rawa di Indonesia 1Salah satu jenis cucak rawa yang ada di Indonesia adalah cucak rawa Medan. Ini merupakan cucak rawa yang memiliki ukuran badan yang cenderung lebih besar dan padat. Selain itu, burung ini juga agak keras jika dipegang. Cucak rawa Medan memiliki karakter bulu yang tampak bersih dengan warna hijau keabu-abuan yang indah serta sedikit kecokelatan. Hal ini akan membuat kesan bahwa burung tersebut merupakan burung yang sedap untuk dipandang.

Selain itu, cucak rawa Medan juga memiliki suara yang khas yakni keras dan berkesan berat namun tidak tebal. Jika didengarkan dengan saksama, suara dari jenis burung cucak rawa ini terdengar mengambang atau kurang melengking. Namun, jika dirawat dengan baik, maka suara dari burung ini akan menjadi sangat bagus dan terdengar sangat menyenangkan. Burung ini dianggap sebagai salah satu jenis terbaik dibandingkan dengan jenis lainnya.

Cucak Rawa Aceh

Jenis Burung Cucak Rawa di Indonesia 2
Jenis kedua dari cucak rawa adalah cucak rawa Aceh. Ini merupakan jenis cucak rawa yang memiliki fisik serta detail hampir sama dengan cucak rawa Medan. Kualitas suara diantara kedua burung cucak rawa ini juga mirip. Beragam persamaan yang ada pada keduanya membuat orang awam menjadi cukup kesulitan untuk membedakan mana burung dari Medan dan Aceh.

Perbedaan yang cukup mencolok dan bisa digunakan untuk membedakan keduanya adalah warna detail dari bulunya. Dalam hal ini, cucak rawa Aceh memiliki warna hijau yang lebih menonjol dibandingkan dengan cucak rawak Medan sehingga bisa dibedakan dengan cukup mudah. Karakteristik yang sama ini disebabkan oleh kemiripan kondisi geografis dari asal kedua burung tersebut.

Cucak Rawa Kalimantan

Jenis Burung Cucak Rawa di Indonesia 3
Jenis lain dari cucak rawa adalah cucak rawa Kalimantan. Jenis cucak rawa ini memiliki habitat asli di hampir semua hutan di Kalimantan. Dibandingkan dengan cucak rawa Sumatera, cucak rawa Kalimantan memiliki ukuran tubuh yang cenderung lebih kecil dan warna bulu dari burung ini pun tidak secerah burung dari Sumatera. Jika dilihat sekilas, memang cucak rawa dari Sumatera lebih menarik secara tampilannya.

Jika dilihat dari suara, cucak rawa Kalimantan memiliki suara yang relatif lebih lambat dan khas. Menurut beberapa penggemar burung, kualitas suara dari cucak rawa Kalimantan terdengar cukup tips dan kurang tajam. Namun, suara yang lebih khas membuat burung ini tetap banyak digemari oleh para penggemar. Dewasa ini, populasi burung ini masih tergolong banyak di habitat aslinya.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa jenis burung cucak rawa yang ada di Indonesia. Beberapa jenis cucak rawa memiliki karakteristik yang khas yang dipengaruhi oleh kondisi alam dari habitat aslinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *