Makanan Terbaik Untuk Burung Kolibri Ninja
Kolibri Ninja (leptocoma sperata)

Jenis-Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Kolibri Ninja

Posted on

KICUIT.com – Burung Kolibri Ninja merupakan burung yang ukuran tubuhnya cukup mungil. Lantaran burung ini hanya memiliki panjang sekitar 6.35 cm dengan berat 6 gram saja. Burung yang biasanya dijadikan masteran bagi burung kicauan bagi Murai Batu, saat ini juga diminati untuk di ikutankan dalam beberapa kelas lomba burung di beberapa daerah. Hal tersebut lah yang menjadikan harga burung kolibri cukup tinggi sekitar Rp 100.000 hingga jutaan. Diantaranya berbagai jenis kolibri, burung Kolibri Ninja lah yang paling banyak diminati karena suaranya yang lebih bervariasi dan pandai menirukan suara burung lainnya. Pada kesempatan kali ini akan kami bahas mengenai Makanan Burung Kolibri Ninja apa saja yang baik dijadikan pakan agar menunjang kemerduan suaranya.

Kolibri Ninja yang memiliki nama ilmiah Leptocoma sperata juga sering memiliki nama lain Kolibri tasik. Habitat aslinya adalah disekitar kawasan pinggir hutan atau pun kawasan yang merupakan lingkungan terbuka yang luas. Selain itu terdapat juga burung Kolibri Ninja yang menyukai kawasan perkebunan karet.

Cara hidupnya biasanya hidup secara berpasangan ataupun sendirian. Perkembangbiakan burung Kolibri Ninja ini cukup unik. Lantaran sarangnya berbentuk mirip kantung yang menggantung. Burung Kolibri Ninja membuat sarangnya dari akar dan serat akar dan biasanya bertelur sebanyak 2 butir telur pada bulan Januari atau pada bulan Maret hingga Mei.

Makanan Terbaik Untuk Burung Kolibri Ninja 2
Burung Kolibri

Madu & Nektar Sebagai Makanan Burung Kolibri Ninja

Untuk menjadikan burung Kolibri Ninja menjadi sehat dan suaranya lebih merdu, salah satu Makanan Burung Kolibri Ninja yang harus diberikan pada burung penerbang yang ulung ini adalah madu. Pasalnya madu merupakan produk alami yang kaya akan nutrisi sehingga bisa menjadi sumber vitamin dan anti bakteri. Tidak hanya itu makanan kesukaan Kolibri Ninja lainnya adalah nektar. Dimana nektar ini merupakan cairan manis yang terdapat pada ketiak daun atau di dalam bunga. Untuk mendapatkan nektar ini bisa dibeli di toko burung yang telah menjual nektar dalam bentuk produk jadi.

Selain Makanan Burung Kolibri Ninja diatas, jenis pakan yang bisa diberikan adalah berupa makanan ekstra dimana makanan tersebut bisa berupa susu kental manis. Namun susu kental manis ini tidak perlu dilarutkan dengan air, sukup diteteskan beberapa tetes saja dan nantinya akan dihisap oleh burungnya sendiri. Ulat dan kroto juga bisa menjadi makanan pilihan bagi burung Kolibri Ninja, dimana jenis makanan ini bisa diberikan ada pagi hari saat burung dalam kondisi lapar. Serangga kecil adalah jenis makanan terbaik untuk kolibri ninja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *