Perlengkapan Hamster Yang Wajib Anda Tahu!
Perlengkapan Hamster Yang Wajib Anda Tahu!

Perlengkapan Hamster Yang Wajib Anda Tahu!

Posted on

KICUIT.com – Hamster merupakan salah satu binatang peliharaan yang cukup populer. Hewan pengerat dengan ukuran mini ini memang sangat lucu. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah. Karenanya, jangan heran jika makin hari si mungil ini makin digilai. Jika Anda pecinta hamster dan berniat untuk memelihara hewan ini, selain memilih jenis hamster terbaik, hal lain yang wajib Anda perhatikan adalah perlengkapan hamster. Ada beberapa fitur wajib yang harus Anda siapkan sebelum benar-benar memboyong si hamster ke rumah. Ada pula beberapa fitur tambahan yang bisa melengkapi fitur wajib untuk hamster Anda. Apa saja perlengkapan tersebut? Berikut uraiannya.

Perlengkapan Hamster Yang Wajib Anda Miliki

1. Kandang Hamster

Perlengkapan pertama yang wajib Anda miliki saat hendak memelihara hamster adalah kandang. Kandang ini sebaiknya berukuran besar sebab hamster sendiri merupakan binatang yang gemar berlarian. Ukuran kandang yang terlalu sempit akan membuat gerak hamster Anda terbatas. Hal ini tak baik bahkan pada kondisi tertentu bisa membuat hamster stress. Selain membatasi gerak, kandang yang sempit juga rawan penyakit sebab jadi lebih mudah bau. Jika Anda menggunakan jenis kandang hamster berjeruji, pilihlah yang jarak antara jerujinya rapat agar hamster lebih aman dari predator. Jika Anda menggunkan kandang variasi lain, pastikan lubang surkulasi udaranya baik agar kandang lebih sehat untuk si hamster.

Hal lain yang wajib Anda penuhi adalah serbuk kayu untuk hamster. Serbuk ini biasanya disebar di dasar kandang hamster.
Kandang Hamster

2. Perlengkapan Kandang Hamster

Hal lain yang diperhatikan saat membeli kandang hamster adalah material kandang itu sendiri. Pilihlah yang bahannya tidak habis digigit. Baik itu oleh hamster maupun binatang yang mengincar hamster Anda. Ingat, hamster itu binatang pengerat! Pastikan pula alas kandang hamster tersebut mempunyai lapisan bawah untuk menampung kotoran. Jika Anda mempunyai budget lebih, tak Ada salahnya membeli kandang hamster yang telah lengkap dengan aksesorisnya. Kandang jenis ini dengan mudah bisa didapatkan di pet shop. Hal lainnya yang bisa diusahakan adalah jenis kandang bertingkat. Selain hobi menggigit, hamster juga ternyata hobi memanjat! Jadi tak ada salahnya membeli kandang yang bertingkat. Masing-masing tingkat dihubungkan oleh tangga.

Perlengkapan hamster lainnya yang wajib Anda miliki adalah botol minuman dan juga tempat makan hamster. Jangan pernah menaruh minuman di mangkuk dan digeletakkan di dalam kandang hamster. Hal ini akan membuat kandang mudah lembab. Kandang yang lembab akan mengundang berbagai penyakit. Sama halnya dengan minuman, makanan hamster juga memerlukan tempat khusus. Pilih yang terbuat dari material yang kuat dan berat agar tidak mudah tergeser dan tumpah. Makanan yang tersebar memenuhi kandang akan membuat peliharaan Anda terlihat tidak menarik dan juga bisa mengundang penyakit!

Perlengkapan Hamster Yang Wajib Anda Tahu!
Hal lain yang wajib Anda penuhi adalah serbuk kayu untuk hamster. Serbuk ini biasanya disebar di dasar kandang hamster.

Hal lain yang wajib Anda penuhi adalah serbuk kayu untuk hamster. Serbuk ini biasanya disebar di dasar kandang hamster. Ada dua jenis serbuk yang biasa dijumpai di pasaran. Ada yang lokal ada pula yang impor. Harga serbuk lokal memang terbilang murah. Tapi Anda harus waspada sebab biasanya serbuk lokal untuk hamster diambil dari serutan kayu sisa pembangunan. Jadi Anda harus waspada. Pastikan serbuk tersebut tidak berbau, tidak terdapat paku dan material berbahaya lainnya dan jangan sampai mengandung zat pewarna kayu yang sangat berbahaya bagi hamster Anda.

Jika Anda memilih serubuk kayu impor, memang jauh lebih mahal akan tetapi keamanan dan bahannya terjamin. Serbuk kayu impor ini biasanya dijual dalam kemasan dan telah dipadatkan. Kayu yang digunakan adalah kayu pilihan. Jadi, akan selalu ada harga untuk sebuah kualitas. Serbuk kayu ini cukup penting bagi hamster. Adapun fungsi serbuk kayu antara lain:

  • Berfungsi sebagai alas kandang agar hamster bisa lebih nyaman dan empuk.
  • Sebagai penghangat bagi hamster terutama di saat udara sedang dingin.
  • Sebagai bahan untuk membuat sarang. Sebagai penyerap kelembaban dan sangat berguna untuk menyerap air seni dari hamster peliharaan Anda.
  • Sebagai tempat menaruh bayi hamster.

Selain serbuk kayu, pasir juga bisa digunakan sebagai alas kandang hamster. Pasir jenis zeloit ini bisa menyerap cairan jauh lebih baik ketimbang serutan kayu. Akan tetapi tidak berfungsi baik untuk membuat kandang nyaman danjuga sebagai penghangat. Solusinya, Anda bisa menabur pasir seloit di dasar kandang dan menuutpnya dengan serutan kayu.

3. Perlengkapan Tambahan

Hamster merupakan hewan yang juga rawan terkena stress. Terlebih jika ia selalu dikandangkan. Jika Anda takut kehilangan si hamster imut jika dilepas di lingkungan terbuka, ada baiknya Anda menambahkan fitur seperti Jogging Wheel untuk pelepas stress hamster. Mereka hewan yang suka berlarian. Dengan adanya Jogging Wheel, hamster bisa lebih riang. Jika Anda memiliki budget leibih, perlengkapan hamster lain yang bisa Anda beli untuk menyenangkan peliharaan Anda antara lain jungkit-kungkit mini, pipa hamster, rumah-rumahan dan juga hamsterball atau bola hamster.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *