Pakan Tambahan Burung Murai Batu
Burung Murai Batu

Pilihan Pakan Tambahan Burung Murai Batu Terbaik

Posted on

KICUIT.com – Burung murai batu termasuk salah satu jenis burung yang memiliki kicau yang indah. Burung ini termasuk salah satu jenis burung yang paling banyak dijadikan burung peliharaan. Demi mendapatkan suara murai batu yang indah, ada cukup banyak hal yang harus diperhatikan, terutama masalah pakan. Ya, jenis pakan memang menjadi salah satu hal yang sangat penting dimana akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dari burung murai.

Berbicara tentang pakan dari murai batu, memang ada beragam jenis pakan yang bisa diberikan. Beragam jenis pakan tersebut memiliki karakteristik masing-masing dan nutrisi yang berbeda yang bisa digunakan untuk menjaga metabolisme dari murai batu sehingga burung ini akan tidak mudah sakit dan terserang infeksi. Berikut ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan untuk murai batu di bawah ini. Selamat membaca.

Jenis Pakan Tambahan untuk Burung Murai Batu

Jangkrik

Jangkrik - Pakan Tambahan Burung Murai Batu
Jangkrik – Pakan Tambahan Burung Murai Batu

Jenis makanan yang tepat untuk diberikan pada murai batu adalah jangkrik. Jangkrik merupakan makanan terbaik untuk burung dimana memiliki nutrisi yang sangat baik dan lengkap. Pemberian jangkrik secara teratur pada murai batu akan membuat burung tersebut memiliki stamina yang kuat dan juga memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur waktu berahi.

Selain itu, jangkrik juga mengandung asam amino yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel yang baru. Dalam pola konsumsinya, jangkrik bisa diberikan dengan dua cara, yakni diberikan secara langsung atau diberikan dengan cara menghilangkan kakinya terlebih dahulu. Alasan dari penghilangan kaki ini adalah untuk memudahkan murai batu untuk mengkonsumsi.

Kroto

Kroto - Pakan Tambahan Burung Murai Batu
Kroto – Pakan Tambahan Burung Murai Batu

Kroto juga menjadi pakan tambahan yang sangat pas bagi murai batu. Kroto sangat bermanfaat untuk menjaga stamina burung murai dimana akan membuat burung tidak mudah sakit dan bisa berkicau dengan sangat riang. Selain itu, kroto juga memiliki kondisi yang lunak sehingga akan sangat mudah untuk dicerna murai batu sehingga masalah pencernaan tidak akan terjadi.

Pemberian kroto sebaiknya dilakukan dengan teratur. Pemberian secara teratur dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal dimana kroto tidak hanya bisa membuat stamina murai batu semakin terjaga, tetapi juga akan membuat murai batu memiliki suara yang lebih nyaring dan bisa berkicau dengan lebih rajin. Hanya saja, kroto yang paling baik untuk diberikan pada burung murai batu sebagai pakan tambahan adalah kroto yang masih muda.

Ulat Hongkong

Ulat Hongkong - Pakan Tambahan Burung Murai Batu
Ulat Hongkong – Pakan Tambahan Burung Murai Batu

Ulat Hongkong termasuk salah satu jenis pakan terbaik yang bisa diberikan untuk murai batu. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa ulat Hongkong memiliki kandungan lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan kandungan protein yang dimiliki. Dengan kandungan lemak tersebut, ulat Hongkong bisa menjadi pakan yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan burung murai batu.

Namun, dalam hal ini, pemberian ulat Hongkong pada murai batu harus dilakukan dengan teratur agar manfaat bisa diperoleh dengan lebih maksimal. Dalam hal ini, ulat Hongkong bisa diberikan pada murai batu dengan dua cara, yakni dalam keadaan mati atau dalam keadaan yang sudah direbus sebelumnya. Minimal, berikan tambahan pakan ini setiap tiga hari sekali atau seminggu sekali agar metabolisme tubuh dari murai batu tetap berjalan dengan normal dan sehat.

Dari beberapa pembahasan di atas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa jenis pakan tambahan yang tepat untuk diberikan pada burung murai batu. Jika pemberian pakan dilakukan dengan teratur, maka murai batu akan mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. Tentu, pemberian pakan tambahan harus disesuaikan dengan kebutuhan agar kesehatan burung tetap terjaga dan stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *